Latar Belakang


Awalnya didirikan sebagai perusahaan perdagangan dengan nama CV Moneter pada 22 Februari 1973, oleh HM Aksa Mahmud di Makassar, Sulawesi Selatan, perusahaan memperoleh terobosan besar pertama pada tahun 1978 dengan menjadi distributor penjualan eksklusif dari mobil Jepang yang sangat populer pada saat itu, Datsun. Pada tahun yang sama, CV Moneter didirikan menjadi sebuah perseroan terbatas, di bawah nama PT Moneter Motor.

Pada bulan Oktober 1980, PT Moneter Bermotor memenangkan hak eksklusif yang serupa untuk memasarkan dan mendistribusikan mobil Mitsubishi Motors untuk Wilayah Indonesia Timur. Pada tahun yang sama, PT Moneter motor berubah nama menjadi PT Bosowa Berlian Motor, yang menandai tonggak sejarah di awal perkembangan Bosowa Corporation.

Sejalan dengan pertumbuhan perusahaan yang kuat sejak tahun 1980, Bosowa Corporation perlahan tapi pasti memperluas untuk lini bisnis lain selain otomotif, yaitu semen, infrastruktur, jasa keuangan, properti, pembangkit listrik dan agribisnis. Saat ini, Bosowa Corporation telah menjadi perusahaan terbesar di Wilayah Indonesia Timur dengan total aset sebesar US $ 550 juta di tahun 2009.