Pengembangan SDM

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
Sejak berdirinya kelompok perusahaan Bosowa perusahaan di Kawasan Timur Indonesia, pengembangan sumber daya manusia selalu menjadi fokus utama HM Aksa Mahmud, pendiri dan ketua Bosowa Corporation. Karyawan yang loyal, berpendidikan dan berdedikasi tinggi merupakan prasyarat bagi kelangsungan usaha perusahaan Bosowa. Pandangan ini telah diperkuat bahkan lebih oleh putra pendiri, H Erwin Aksa, yang telah diasumsikan kepemimpinan Bosowa Corporation sebagai Kepala Eksekutif Officer. Di bawah kepemimpinannya, Bosowa Corporation adalah budidaya komitmen untuk keunggulan, atau 'keunggulan bosowa' yang telah dirumuskan melalui Misi Perusahaan, Visi, Strategi Kunci dan Inti Nilai, sebagai pedoman untuk pelaksanaan semua karyawan Bosowa Corporation mencapai tujuan perusahaan. Masing-masing karyawan Bosowa harus memiliki norma baik, yaitu Profesionalisme, Integritas Tanggung Jawab, Tinggi dan Akuntabilitas dalam semua tindakan mewakili perusahaan. Melalui Bosowa Excellence, Bosowa Corporation bertujuan untuk mencapai standar manajemen skala internasional yang menganut prinsip-prinsip kepatuhan sesuai dengan Good Corporate Governance. Praktek terbaik pelaksanaan dalam Bosowa Corporation adalah didasarkan pada pandangan perusahaan tidak akan mampu menghasilkan laba keuangan, tanpa dukungan dari proses bisnis yang sistematis, dan peran yang sangat diandalkan, orang yang handal dan profesional dalam perusahaan. Ini adalah prioritas Bosowa Corporation untuk menjaga keseimbangan antara tiga "P" PROFIT-PROCESS-PEOPLE sebagai dasar bagi keberlanjutan jangka panjang perusahaan melalui penerapan manajemen 'praktek terbaik' yang dapat diterima oleh semua pihak perusahaan. SDM Bosowa, sebagai unit operasi dari Bosowa Corporation, telah dirumuskan untuk mengembangkan karyawan perusahaan terhadap keunggulan Bosowa mulai tahun 2007. Struktur organisasi SDM dibentuk di tingkat perusahaan yang secara langsung berkaitan dengan fungsi SDM di unit masing-masing kelompok tingkat atau bisnis. Dalam perannya untuk mendukung pencapaian tujuan operasional perusahaan. SDM bekerjasama dengan Dewan Manajemen Perusahaan dalam menentukan tujuan dan rencana kegiatan untuk menyelaraskan kebijakan HR dengan tujuan bisnis dan operasional. Beberapa langkah strategis dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia di Bosowa Corporation adalah sebagai berikut:

RESTRUKTURISASI ORGANISASI
Struktur organisasi dari semua unit beroperasi di bawah Bosowa Corporation adalah yang terakhir dan direstrukturisasi untuk menyelaraskan dengan strategi bisnis yang didorong oleh tujuan visi, misi dan kunci Perusahaan. Melengkapi upaya restrukturisasi, perencanaan untuk kebutuhan manusia Perusahaan sumber daya dilakukan berdasarkan 'Kualitas dan Kuantitas'.

PEREKRUTAN SDM
Setelah kriteria kuantitas dan kualitas terpenuhi, sourcing untuk personil kunci dilakukan secara internal dari dalam perusahaan untuk tujuan efisiensi, sebelum perekrutan eksternal dilakukan dengan prosedur ketat untuk mencapai produktivitas kerja yang optimal.

PEMETAAN SDM
Sebuah pemetaan SDM yang komprehensif dilakukan karyawan perusahaan untuk memperoleh data yang akurat pada kemampuan dan potensi masing-masing karyawan, sehingga penilaian personil dapat dilakukan secara terorganisir dan akurat.

PENGEMBANGAN SDM
Pengembangan sumber daya manusia, terutama mereka dengan potensi untuk pertumbuhan, telah menjadi bantalan penting dalam pikiran bahwa salah satu nilai-nilai perusahaan bosowa adalah 'kompetensi', yang berarti bahwa Bosowa harus memiliki karyawan yang profesional dan dapat diandalkan. Pembangunan SDM di Bosowa Corporation dilakukan melalui sarana pendidikan dan pelatihan, penugasan kerja, peningkatan tanggung jawab pekerjaan, rotasi pekerjaan dan bimbingan dari atasan langsung.

MEMPERTAHANKAN BAKAT
Dalam upaya untuk mempertahankan tenaga kerja berbakat, SDM Bosowa Corporation mengambil pendekatan mentoring dan mengembangkan setiap karyawan melalui kepala unit operasi masing-masing. SDM Bosowa Corporation juga merumuskan skala upah dan kompensasi yang menarik berdasarkan benchmarking terhadap perusahaan sejenis di Indonesia. Hubungan industrial program untuk unit bisnis Bosowa yang padat karya dilakukan untuk mempertahankan keharmonisan antara perusahaan dan karyawan.

ADMINISTRASI DAN LAYANAN KARYAWAN
Perusahaan Bosowa menjunjung tinggi hukum perburuhan dari Indonesia dan menganggap karyawannya sebagai aset Perusahaan. Administrasi yang sesuai dari keterangan karyawan adalah penting dalam membangun kepercayaan antara karyawan dan antara karyawan dan Perusahaan. Bosowa melindungi hak-hak karyawan dan memberikan layanan kepada karyawan dalam bentuk pelayanan kesejahteraan, kesehatan dan keselamatan kerja.